Perlombaan Internal SPARTAN VII (Sparing Scout Antar Kontingen) di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Bojonggede Bogor

Bojonggede, 18/02/2024 – Pondok Pesantren Nurul Ilmi Bojonggede, Bogor, menggelar perlombaan internal tahunan yang ke-7, yang diberi nama SPARTAN VII (Sparing Scout Antar Kontingen). Acara ini diadakan selama empat hari berturut-turut, mulai dari Kamis-Ahad, 15-18 Februari 2024, sebagai wadah bagi para santri untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam berbagai kegiatan lomba kepramukaan.

SPARTAN VII di Pondok Pesantren Nurul Ilmi melibatkan peserta dari berbagai kontingen yang mewakili regu pramuka di pondok pesantren baik santri putra maupun putri. Kegiatan ini diarahkan untuk membangun jiwa kepramukaan, semangat kerja sama, dan kemandirian di antara para peserta.

Salah satu highlight dari SPARTAN VII Pramuka adalah lomba kemah (khusus santri putra), di mana setiap kontingen diuji dalam keterampilan mendirikan tenda, memasak dengan peralatan pramuka, dan kecakapan lain yang berkaitan dengan kehidupan kemah. Selain itu, terdapat juga lomba pionering, SMS (Semaphore, sandi-sandi, morse), dan perlombaan keagamaan seperti, MHQ, MTQ, Adzan dll, guna mengasah keterampilan dan skill mereka.

Pengasuh dan Mabikori Pondok Pesantren Nurul Ilmi Bojonggede Bogor, KH.Faisal Muhammad Ali Nurdin, Lc.MA, dan Ustadz, Bahrul Ulum, S.Pd.I, menyampaikan bahwa SPARTAN VII ini menjadi momen penting untuk mengasah keterampilan kepramukaan, mempererat persaudaraan, dan mendidik karakter yang tangguh dan berintegritas. “Kami berharap, melalui kegiatan ini, semangat kepramukaan dapat terus berkembang dan menjadi landasan kuat bagi pembentukan generasi muda yang berdaya saing dan berakhlak mulia,” ujarnya.

Pada lomba kepramukaan ini, peserta tidak hanya dinilai berdasarkan kemampuan teknis, tetapi juga sikap solidaritas, keaktifan, kejujuran, dan kepatuhan terhadap aturan kepramukaan. Semua kegiatan diarahkan untuk memperkaya pengalaman kepramukaan peserta dan memupuk nilai-nilai positif yang terkandung dalam Prinsip Dasar Kepramukaan.

Acara ditutup dengan penyerahan piala dan medali kepada kontingen-kontingen pemenang, sementara seluruh peserta menerima penghargaan atas partisipasi mereka. SPARTAN VII Pramuka di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Bojonggede Bogor berhasil menciptakan kenangan berharga dan memupuk semangat pramuka yang kokoh di kalangan santri.