Ponpes Nurul Ilmi Bojonggede Bogor Gelar Pembekalan Santri Akhir Sanah dengan Beragam Motivasi dari Pengasuh dan Asatidz Pon Pes Nurul Ilmi Bojonggede Bogor

Ceramah dan Motivasi Pengasuh Pon Pes Nurul Ilmi Bojonggede Bogor
KH.Faisal Muhammad Ali Nurdin, Lc.MA

Bojonggede, 23/04/2024 – Ponpes Nurul Ilmi Bojonggede Bogor menggelar acara pembekalan santri akhir sanah yang diisi dengan motivasi-motivasi dari berbagai ustadz terkemuka dengan berbagai tema yang sangat bermanfaat. Acara yang berlangsung selama tiga hari, dari Senin hingga Rabu, 22 s/d 24 April 2024 di Gedung Asrama Putra, dan dihadiri oleh para santriwan santriwati kelas akhir sanah, pengasuh dan asatidz Pon Pes Nurul Ilmi Bojonggede Bogor.

Dalam rangkaian kegiatan ini, para ustadz dari berbagai latar belakang memberikan motivasi dan nasihat kepada para santri tentang berbagai tema penting dalam kehidupan. Mulai dari ketaatan beragama, ibadah, kepemimpinan, pendidikan ke luar negri, Hafalan Al quran hingga pentingnya memiliki visi dan misi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pada hari pertama, suasana dipenuhi dengan semangat kebersamaan dan kegembiraan. Santriwan-santriwati akhir sanah berkumpul di gedung asrama putra pondok pesantren untuk mendengarkan ceramah dan motivasi dari pengasuh Ponpes Nurul Ilmi, KH.Faisal Muhammad Ali Nurdin, Lc.MA. Dalam ceramahnya, beliau mengajak para santri untuk menjaga keikhlasan dalam beribadah serta memperkuat ikatan silaturahmi antar sesama, juga memberikan motivasi terkait kelanjutan pendidikan mereka ke perguruan tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Pun ceramah dan motivasi dari Ustadz Safruddin, SQ. yang menyampaikan tentang metode belajar, menghafal dan memahami Al qur`an, juga bagaimana menjaga hafalan Al Qur`an mereka setelah lulus dari Ponpes Nurul Ilmi.

Hari kedua, suasana acara semakin menarik dengan kehadiran Ustadz, Dr.Muhajirin,M.E.I yang memberikan motivasi tentang Digitalisasi Turots (dalam penguatan peran santri di Era Milenial), lalu ceramah dan motivasi dari ustadz Komaruddin, S.Pd.I, M.Pd, yang menyampaikan terkait Manajemen Lembaga Pendidikan dan pentingnya pendidikan dan pengetahuan dalam membangun masa depan yang cerah. Para santri pun terinspirasi untuk terus belajar dan menggali ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi diri mereka dan masyarakat sekitar.

Hari ketiga yakni hari terakhir, di mana berbagai tema menarik diangkat untuk memberikan motivasi kepada para santri akhir sanah dalam menghadapi kelanjutan mereka setelah lulus dari Ponpes Nurul Ilmi. Mulai dari tema kepemimpinan, kemandirian, hingga pentingnya memahami dan mengaplikasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, yang disampaikan oleh Dr.KH.Idrianto Faishal, MA. Dilanjut dengan Ustadz, Asep Basyir, S.E.I. dengan memberikan ceramah motivasi yang menginspirasi tentang bagaimana bisa bertanggung jawab dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, beliau mengangkat tema ” Praktek Ibadah menurut Ilmu Fikih ( Praktek mengurus Jenazah, memotong hewan, Jamak&Qashar, Tayamum dll )” agar mengerti dan paham juga dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan masyarakat banyak.

Kegiatan ini bukan hanya sekadar mengisi waktu luang para santri akhir sanah, melainkan juga sebagai upaya untuk membentuk karakter dan mental yang tangguh serta mempersiapkan mereka menjadi generasi yang berkualitas. Dengan adanya pembekalan akhir sanah seperti ini, diharapkan para santri Pondok Pesantren Nurul Ilmi Bogor akan menjadi pribadi yang siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.