Pondok Pesantren Nurul Ilmi Bojonggede Bogor Gelar Masa Orientasi Pesantren (MOP) Tahun Ajaran 2024-2025

Bojonggede, 12/07/2024 – Pondok Pesantren Nurul Ilmi Bojonggede Bogor telah menyelenggarakan, Masa Orientasi Pesantren (MOP) selama 4 hari penuh bagi seluruh santri, khususnya santri baru, yang dilaksanakan di Aula Ponpes Nurul Ilmi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan pondok, menanamkan nilai-nilai pesantren, serta mempersiapkan santri baru dalam menghadapi kehidupan di pesantren.

Pada hari pertama, seluruh santri mendapatkan pengarahan mengenai pentingnya penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di lingkungan pesantren, oleh Mrs.Nenah Nur Aini dan Ust.M. Dwiki Reza, Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan kitab-kitab kuning yang menjadi kurikulum juga di pesantren oleh ustadz Asep Basyir, S.E.I “Bahasa asing dan kitab kuning menjadi bekal penting bagi santri kami. Kami ingin mereka dapat menguasai dan memperdalam ilmu-ilmu keislaman dengan baik,” ungkap narasumber.

Pada hari kedua, fokus kegiatan beralih ke pemaparan informasi terkait kepondok-pesantrenan yang langsung disampaikan oleh Pengasuh, KH.Faisal M Ali Nurdin,Lc.MA. Para santri mendapatkan penjelasan mengenai visi, misi, dan tujuan Pondok Pesantren Nurul Ilmi.

Hari ketiga diisi dengan sesi motivasi. Para santri mendapat pemaparan dari tokoh inspiratif mengenai pentingnya pendidikan yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Ilmi, Ustadz Komaruddin, S.Pd.I, M.Pd. dan keutamaan mempelajari Al-Qur’an. oleh Ustadz.Safruddin, SQ Al Hafidz.

Pada hari terakhir, di mana para alumni Pondok Pesantren Nurul Ilmi berbagi testimoni dan pengalaman inspiratif. yang diisi oleh ustadz Alwi Fauzan, ustadz, Daffa Achmad Rifaldy dan ustadz Tubagus Badrassalam yang merupakan alumni sekaligus menjadi guru pengabdian di Nurul Ilmi.

Setelah serangkaian kegiatan selama 4 hari, Pondok Pesantren Nurul Ilmi berharap para santri baru dapat beradaptasi dengan baik dan siap menjalani pembelajaran di pesantren. Kegiatan MOP ini diharapkan menjadi pondasi yang kuat bagi santri baru dalam menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Bojonggede Bogor.